Visi

“TERWUJUDNYA LEMBAGA ARSIP DAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI PUSAT INFORMASI DAN ILMU PENGETAHUAN YANG UNGGUL, BERBUDAYA, DAN BERDAYA SAING.”

Misi

  1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM pengelola Arsip dan Perpustakaan.
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana.
  3. Meningkatkan manajemen pengelolaan Arsip dan Perpustakaan secara baku.
  4. Meningkatkan minat baca masyarakat

Tujuan

Tujuan diartikan sebagai kondisi jangka panjang yang dicapai dan bersifat kuantitatif. Adapun tujuan yang dirumuskan dalam rencana stratejik Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta sebagai berikut :

  1. Menjadikan arsip dan bahan perpustakaan mempunyai arti penting ilmu pengetahuan, penelitian, pengembangan informasi, administrasi pemerintah, pertanggungjawaban nasional dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.
  2. Mewujudnya sistem pelayanan arsip dam perpustakaan yang profesional, mudah, cepat dan akurat
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana prasarana arsip dan perpustakaan
  4. Menyelamatkan informasi kearsipan daerah secara konsisten
  5. Mendorong masyarakat agar gemar membaca

Tujuan tersebut merupakan implementasi atau penjabaran dari misi dan merupakan sesuatu (apa) yang akan dicapai atau dihasilkan pada kurun waktu tertentu 1 (satu) sampai dengan 5 (lima) tahun ke depan.
Bahwa karakteristik tujuan masih bersifat :

  1. Idealistik, artinya mengandung nilai-nilai keluhuran dan keinginan kuat menjadi baik dan berhasil.
  2. Jangkauan ke depan, artinya tujuan harus dapat dicapai dalam kurun waktu 5 (lima) tahun atau lebih sebagaimana yang telah ditetapkan; 
  3. Abstrak, artinya belum tergambar dalam angka sebagai upaya pencapaian tujuan dan dapat berlangsung terus menerus.

 

Sasaran

Sasaran adalah penjabaran dan tujuan secara terukur yang akan dicapai secara nyata dalam jangka waktu tahunan, semesteran, atau bulanan. Sasaran merupakan bagian integral dalam proses perencanaan strategis Pemerintah Daerah.
Fokus utama sasaran adalah tindakan dan alokasi sumber daya dalam kegiatan organisasi. Oleh karena itu sasaran harus bersifat spesifik, dapat dinilai, dapat diukur, menantang tetapi dapat dicapai, berorientasi kepada hasil, dan dapat dicapai dalam kurun waktu 1 (satu) tahun pada masa sekarang. Maka dalam rencana stratejik Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta mempunyai sasaran sebagai berikut :

  1. Terselamatkannya informasi kearsipan daerah
  2. Meningkatnya kesadaran masyarakat akan penting nilai-nilai informasi kearsipan daerah dalam pertanggungjawaban terhadap penyelenggaraan pembangunan nasional
  3. Terbangunnya suatu kepedulian masyarakat terhadap penertiban dan penataan arsip dan penyediaan fasilitas pelayanan bahan pustaka.
  4. Meningkatkanya kecerdasan masyarakat melalui pemanfaatan khasanah bahan pustaka.
  5. Meningkatkan kecerdasan masyarakat kota dan kampung atas ketersediaannya khasanah bahan yang tersedia pada pustaka kota dan perpustakaan kampung.

Secara singkat Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta memiliki mandat yang harus dipertanggung jawabkan dalam kaitannya penggunaan sumber daya yaitu :

  1. Meningkatkan akses/ pemerataan pelayanan informasi Kearsipan sebagai bahan pertanggungjawaban pembangunan daerah.
  2. Meningkatkan kualitas pelayanan informasi bahan pustaka dan penyediaan pengelolaan bahan pustaka dalam rangka memenuhi kebutuhan pokok dalam mendorong kualitas pendidikan masyarakat di Jawa Tengah melalui minat dan budaya baca masyarakat.