(0271) 734337

ARPUSDA KOTA SURAKARTA

Jumat, 10 Februari 2017 03:24

STORY TELLING

Rate this item
(0 votes)

Story telling adalah cara yang dilakukan untuk menyampaikan suatu cerita kepada para pendengar, baik dalam bentuk kata-kata, gambar, foto, maupun suara. Story telling sering digunakan dalam proses belajar mengajar utamanya pada tingkat pemula atau anak-anak, teknik ini bermanfaat melatih kemampuan mendengar secara menyenangkan.

Perpustakaan Kota Surakarta melalui Layanan Perpustakaan melakukan kegiatan story telling bagi TK/PAUD yang ada di Kota Surakarta. Tujuan dilaksanakan kegiatan story telling ini adalah bercerita yang digunakan sebagai daya tarik untuk memberikan pemahaman lebih dini kepada anak-anak tentang manfaat membaca buku.

IMG 2092Tugas dari pencerita ini adalah melalui story telling anak-anak tidak dipaksakan mengikuti alur pikiran pencerita. Tetapi mengajak mereka terlibat langsung dalam membangun pemahaman terhadap ide dengan bahasa mereka sendiri, diharapkan dapat tercipta hubungan yang baik dengan anak-anak sehingga mereka dapat lebih menerima ide pemikiran pencerita.

Dengan diadakannya kegiatan story telling ini banyak manfaat yang diperoleh anak. Pertama, dongeng menjadi alternatif lain untuk memberikan nasihat kepada anak sehingga mau mendengarkan dan menurut apa yang dikatakan orang tua, guru maupun teman. Kedua, memperkenalkan nilai-nilai moral pada anak. Ketiga, meningkatkan minat baca pada anak dan keempat, mereka akan belajar berempati terhadap lingkungan sekitar dengan cerita dongeng yang isinya mendidik dan mengandung nilai-nilai positif dalam kehidupan .

Read 147 times Last modified on Jumat, 10 Februari 2017 03:44

Berita Terbaru