(0271) 734337

ARPUSDA KOTA SURAKARTA

Kegiatan

Kegiatan (22)

 

SOLO – Sabtu Pagi, Puluhan Siswa SD SE KOTA SURAKARTA berkumpul dalam rangka lomba Geguritan yang diselenggarakan Oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta, lomba yang bertempat di halaman kantor perpustakaan kota surakarta berlangsung selama 2 hari. Sabtu dan Minggu tanggal 17 – 18 November 2018  itu tidak hanya lomba geguritan saja tetapi juga diantararanya lomba Mocopat serta Mendongeng dalam Bahasa Jawa.  

Dalam Sambutannya Hesti Dwi Saptaningtyas, M.si selaku penanggung Jawab acara menyampaikan, “Kegiatan Lomba Geguritan, Mocopat dan Mendongeng dalam bahasa Jawa bertujuan meningkatkan minat dan budaya membaca serta melestarikan budaya jawa.” Di era millenial kini banyak anak – anak yang tidak paham lagi mengenai budaya berbahasa jawa.

Geguritan dibagi menjadi 2 kategori, Geguritan untuk siswa Sekolah Dasar (SD) dan Geguritan Ibu – ibu. Geguritan untuk siswa Sekolah Dasar (SD) dikhususkan untuk siswa Kota Surakarta. Diharapkan anak - anak dapat memahami dan melestarikan sastra jawa. Geguritan merupakan puisi menggunakan bahasa jawa. Pembaca Puisi disebut panggurit. Dengan diadakan lomba ini diharapakan siswa SD lebih mengenal dan mencintai budaya Jawa.

Hesti Dwi Saptaningtyas M.Si berharap, para peserta lomba tersebut akan menularkan budaya leluhur tersebut di dalam keluarganya.  Diharapkan lomba geguritan menjadi salah satu sarana dalam melestarikan budaya leluhur.

Lomba Mocopat untuk lansia dan Mendongeng bahasa Jawa untuk Siswa SMP (Sekolah Menengah Pertama) yang diselenggarakan pada hari kedua, Minggu tanggal 18 November 2018. Lomba mendongeng dalam bahasa Jawa diharapakan sebagai jembatan anak – anak SMP dalam mengekpresiakan imajinasi didalam buku yang mereka baca mengenari cerita – cerita rakyat maupun legenda – legenda ditanah leluhur, menyampaikan moral dalam cerita yang mereka bawakan.  Dengan demikian siswa SMP juga dapat nguri – nguri budaya leluhur. Karena Moral sopan santun sudah mulai luntur di kalangan anak – anak jaman sekarang.

Lomba Mocopat Lansia merupakan salah satu upaya dalam melestarikan budaya jawa dalam hal menyanyi, melestarikan tembang – tembang bahasa jawa. Mengenalkan mocopat pada generasi muda dan melestarikan sebagai warisan budaya. Di harapakan rangkaian semua lomba yang diadakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta Menjadi Jembatan dalam Nguri – Nguri Budaya jawa Khususnya dalam bidang Sastra Jawa. Masyarakat turut menyampaikan warisan leluhur dari nenek moyang kepada generasi muda dijaman milenial ini. Harapan yang disampaikan oleh Panitia pelaksana.

gv.jpg

 

Rabu, 01 Agustus 2018 16:04

LOMBA ARTIKEL

Written by

Membaca merupakan kebutuhan setiap orang yang menghendaki kehidupan masa depan yang lebih baik. Membaca dapat memperlus cakrawala ilmu pengetahuan, memperkaya perbendaharaan bahasa dan membentuk budi pekerti. Budaya baca wajib digalakkan pada anak sejak usia dini dan terus menerus ditumbuhkan sampai akhir hayat. Memotivasi masyarakat membaca pada usia remaja merupakan langkah tepat untuk membentuk generasi cerdas, kreatif, mandiri dan berkepribadian.
Menulis tak dapat terlepas dari kegiatan membaca. Penulis tak dapat menghasilkan karya yang baik tanpa membaca. Lahirnya karya-karya yang baik sebagai hasil budaya masyarakat menjadi salah satu tolok ukur kemajuan suatu bangsa. Oleh karena itu potensi masyarakat ini perlu digerakkan oleh pemerintah melalui lembaga atau instansi yang berwenang.
Sebagai salah satu lembaga yang memiliki misi "Pengembangan Kebiasaan Membaca Masyarakat", Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kota Surakarta pada tahun 2018 akan menyelenggarakan kegiatan Lomba Penulisan Artikel Masyarakat Umum.
Adapun tema Lomba Penulisan Artikel ini adalah Pemberdayaan Perpustakaan Sebagai Sarana Menuju Masyarakat yang cerdas, berkepribadian unggul dan memiliki daya saing” Untuk UMUM se- Surakarta

 

Rabu, 15 November 2017 15:54

LOMBA SELFIE, VIDEO, POSTER

Written by

PEMBERITAHUAN

Pelaksanaan lomba Selfie, Poster dan Video Diundur sampai Tanggal 30 November 2017

Rabu, 25 Oktober 2017 10:29

Lomba Poster

Written by

Ayo ikuti lomba poster tentang perpustakaan

Senin, 23 Oktober 2017 13:56

LOMBA VIDEO

Written by

Untuk mengenalkan Perpustakaan kepada masyarakat, Perpustakaan Kota Surakarta mengadakan lomba video dengan tema "Jelajahi Dunia Dengan Membaca".

 

Senin, 23 Oktober 2017 13:49

LOMBA SELFIE

Written by

YUK!! ikuti lomba selfie di Perpustakan Kota Surakarta.

 

Halaman 1 dari 4