(0271) 734337

ARPUSDA KOTA SURAKARTA

Berita

Berita (7)

SOLO - Penyimpangan terhadap persyaratan ISO 9001:2015 yang ditemukan saat sertifikasi audit sudah ditinjaklanjuti oleh Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Surakarta

dinyatakan lulus dan Sertifikat ISO 9001:2015 selanjutnya bisa diproses untuk penerbitnya untuk jangka waktu 3 tahun kedepan sesuai tahun dikeluarkannya sertifikat ISO

9001:2015 milik Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta. Terlampir copy Certivication Recomendation, sebagai bukti bahwa Kantor Arsip dan Perpustakaan 

Daerah Kota Surakarta telah dinyatakan lulus oleh Badan Sertifikasi dan semua hasil perbaikan temuan audit telah diverifikasi dan diterima oleh Author.

SOLO – Kamis pagi, Instansi seluruh Kota Surakarta Untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2019, Pemerintah Kota Surakarta mengadakan workshop pameran Pendidikan dan Bazar Buku Murah

di Balai Kota Surakarta, baik maupun Instansi Pemerintah dan Swasta berkumpul dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang berlangsung 5 hari dari tanggal 22-27 April 2019.

Dari berbagai instansi berlomba memamerkan pendidikan dalam berbagai bentuk, dan tentunya nilai kebersihan dan kerapian serta keunikan dari stan setiap instansi juga diperhitungkan.  Tidak hanya itu,

untuk penyelenggaraan peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei, ada juga hiburan tarian seni budaya yang disajikan anak - anak dari berbagai SD, Gamelan yang disajikan anak - anak dari berbagai SD.

Drama anak - anak, Talk Show, dan Bioskop Keliling.

Dari Disarpus sendiri selain menyajikan buku dan arsip bersejarah, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan juga menyajikan Mobil Perpustakaan Keliling atau Mobil Perling yang stand by di halaman Balaikota.

Meningkatkan akses/ pemerataan pelayanan informasi Kearsipan sebagai bahan pertanggungjawaban pembangunan daerah kepada masyarakat Kota Surakarta. Serta Meningkatkan kualitas pelayanan

informasi bahan pustaka dan penyediaan pengelolaan bahan pustaka dalam rangka memenuhi kebutuhan pokok dalam mendorong kualitas pendidikan masyarakat di Jawa Tengah melalui minat dan

budaya baca masyarakat.

 

Rabu, 24 April 2019 10:27

RENCANA STRATEGIS DISARPUS 2017 - 2021

Written by

 

SOLO - Peraturan Walikota Surakarta Nomor 27-C tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kota Surakarta menjabarkan tentang tugas pokok  dan fungsi dinas ini dengan menjalankan dua urusan pembangunan daerah yaitu urusan kearsipan dan perpustakaan. Untuk menjabarkan tanggung jawab terhadap 2 urusan ini Dinas Kearsipan dan Perpustakaan menyusun Rencana.

Rencana Strategis Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta Tahun 2016-2021 disusun terkait pada Renstra Arsip Nasional R.I dan Perpustakaan Nasional RI serta Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Dinas Kearsipan dan Perpustaakan Kota Surakarta juga melaksanakan Program ANRI , Perpustakaan Nasional, dan Badan Arsip perpustakaan Jawa tengah diantaranya adalah : program perbaikan sistem administrasi kearsipan, program Penyelamatan dan pelestarian dokumen/arsip daerah, program pemeliharaan rutin/berkala sarana dan prasarana kearsipan, program peningkatan kualitas pelayanan informasi, dan program pengembangan budaya baca dan pembinaan perpustakaan.

Renstra Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta ini selanjutnya dijabarkan ke dalam program dan kegiatan tahunan dengan menyusun Rencana Kerja Perangkat Daerah (Renja OPD) yang akan diimplementasikan setiap tahun sesuai dengan struktur organisasi tata kerja serta tugas pokok dan fungsi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta yang dilengkapi dengan kerangka anggaran. Dengan adanya perencanaan yang sinkron dan terkoordinasi dengan dokumen perencanaan lainnya, maka pelaksanaan program kegiatan OPD akan berjalan sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan.

 

 

Kamis, 28 Januari 2016 09:46

Dinas Kearsipan dan Perpusakaan Kota Surakarta

Written by

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Surakarta berlokasi di Jl. Hasanudin No.112, Punggawan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57132. Disarpus memiliki sekitar 44.537 judul buku dilengkapi dengan fasilitas internet yang bebas digunakan pengunjung.

Kamis, 28 Januari 2016 09:44

Arpusda Solo Kampanyekan Gerakan Ayo Baca

Written by

Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Arpusda) menggelar kampanye gerakan ayo membaca di Solo Car Free Day (SCFD) , Minggu 13 September 2015 dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan 14 September.

“Gerakan ayo baca ini dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat,” kata Kepala Kantor Arpusda Solo, Sis Ismiyati kepada wartawan di sela acara.

Kelompok masyarakat yang terlibat kampanye itu antara lain siswa SD Pangudli Luhur, SD Yosodipuro, SD Al Firdaus dan D3 Perpustakaan UNS. Kampanye dimulai dengan membaca buku bersama dan dilanjutkan permainan menumpuk buku.

Tahun ini jumlah pengunjung perpustakaan daerah meningkat. Namun demikian, angka kunjungan masih jauh di banding Malang, Jawa Timur. Pengunjung perpustakaan di Malang tiap hari 790 orang, sementara di Solo baru 30-40 orang perhari.

Untuk memancing minat masyarakat Solo ke perpusatakaan daerah, di Hari Kunjung Perpustakaan besok, Kantor Arpusda bakal memberikan hadiah hadir kepada pengunjung perpustakaan.

 

Kamis, 28 Januari 2016 10:05

Kantor Arpusda Solo tak punya pustakawan ahli

Written by

Solo (Solopos.com)--Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kota Solo belum pernah mempunyai pustakawan ahli.

Padahal seharusnya perpustakaan daerah mempunyai pustakawan ahli setidaknya satu orang. Penjelasan itu disampaikan pustakawan penyelia perpustkaan daerah Kantor Arpusda Solo, Warsito saat ditemui wartawan di kantornya Rabu (20/4).

“Bukan butuh lagi, secara ideal seharusnya perpustakaan daerah punya pustakawan ahli,” ujarnya.

Kamis, 28 Januari 2016 09:52

2013, Kantor Arpusda Solo Direnovasi

Written by

arpusda 370x253

 

SOLO--Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Solo direnovasi pada 2013 mendatang. Pemkot bakal mengucuri anggaran senilai Rp2,5 miliar dari APBD guna perbaikan tersebut.